Apa Itu Senapan Angin Gas?

Apa Itu Senapan Angin Gas?

Senapan angin adalah senjata yang digunakan sebagai sarana berburu atau olah raga menembak. Pada umumnya, binatang yang diburu sebagai olahraga adalah binatang – binatang kecil seperti burung, kelinci, babi hutan, dan tupai. Sehingga, pada dasarnya kegiatan berburu atau olah raga menembak ini aman untuk keberlangsungan ekosistem.

Apa Itu Senapan Angin Gas?

Cara kerja senapan angin menggunakan prinsip pneumatik dimana peluru ditembakkan dengan menggunakan tenaga udara atau gas tertentu yang dimampatkan. Peluru yang digunakan pun juga tidak terlalu besar. Yaitu hanya peluru dengan ukuran kaliber 177 atau 4,5 mm yang terbuat dari timah.

Tentang Senapan Angin di Indonesia

Izin kepemilikan senapan angin di Indonesia sebenarnya masih cukup bebas. Anda bisa memiliki senapan angin dengan kaliber 4,5 mm tanpa memerlukan izin. Sedangkan, jika Anda berencana memiliki senapan angin dengan kaliber 5,5 mm ke atas, ada beberapa izin yang harus bisa Anda penuhi.

Selain ukuran kaliber senapan angin, penggunaan senapan angin juga merupakan bagian persyaratan yang harus Anda ikuti. Penggunaan senapan angin di Indonesia hanya diizinkan untuk olah raga atau rekreasi. Misalnya memburu kelinci, burung, dan hewan – hewan kecil lainnya. Penggunaan senapan angin untuk small game yang tidak membahayakan juga sepertinya tidak masalah. Hanya saja, jika Anda menggunakan senapan angin di luar penggunaan yang telah ditentukan tersebut, maka hal tersebut termasuk ilegal dan melanggar hukum yang berlaku.

Apa Itu Senapan Angin Gas?

Sebelum mengetahui apa itu senapan angin gas, ada baiknya Anda juga mengetahui senapan angin tipe lainnya. Ada tiga jenis senapan angin yang umum dimiliki orang – orang. Yaitu senapan tipe per atau pegas, senapan tipe pompa, dan senapan gas.  Senapan tipe per merupakan senapan angin yang menggunakan sistem per atau pegas untuk memompa udara dan menembakkan peluru. Senapan tipe pompa bekerja dengan memampatkan udara lalu melepaskannya. Dengan begitu, peluru juga akan ikut terpental dengan cara itu.

 

Sedangkan untuk penjelasan apa itu senapan angin gas bisa Anda baca pada penjelasan berikut ini:

Apa Itu Senapan Angin Gas?

Senapan angin gas merupaan senapan angin yang menggunakan tenaga gas sebagai pengisi. Pada umumnya, senapan angin gas disebut sebagai senapan angin PCP. Pengisian angin pada senapan akan membutuhkan adanya alat tambahan yaitu pompa PCP atau tabung scuba. Jika Anda berencana untuk membeli senapan angin gas, pastikan Anda juga membeli pompa PCP atau tabung scubanya sekalian. Sehingga Anda tidak akan kesulitan mengisi angin dalam senapan Anda.

Senapan angin gas biasanya telah dilengkapi dengan manometer. Alat ini membantu Anda mengetahui seberapa banyak angin yang ada dalam senapan angin Anda. Manometer ini akan menunjukkan status angin pada senapan. Mulai dari nol sampai dengan optimum.

Apa Itu Senapan Angin Gas?

Meski begitu, membiarkan manometer Anda menunjukkan angka nol adalah sesuatu yang ceroboh.  Manometer pada senapan angin gas harus selalu terisi. Setidaknya minimal harus ada sekitar 500 Psi dalam senapan angin Anda. Karena, jika manometer menunjukkan angka nol, maka senapan online hanya bisa diisi dengan menggunakan scuba atau alat dengan kekuatan PSI yang tinggi. Tentu saja hal ini akan membuat Anda sedikit kesulitan. Apalagi jika Anda sedang berada di tengah perburuan. Karena itu, pastikan manometer Anda tidak pernah menunjukkan angka nol.

Meskipun menggunakan senapan angin merupakan hobi Anda dan memiliki cukup banyak peminat. Tapi tentu saja, Anda tetap perlu memperhatikan keamanan dan kenyamanan sekitar Anda. Termasuk juga memperhatikan ekosistem. Jangan sampai karena keasikan berburu, Anda jadi menembak hewan yang dilindungi pada saat melakukan perburuan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Copyright © 2019 Delta3