Cara Berburu Dengan Mudah Dan Sederhana

Cara Berburu Dengan Mudah Dan Sederhana

Cara Berburu Dengan Mudah Dan Sederhana

Baik anda sekarang bertemu lagi dengan saya manusia kocak tapi agak serius yang suka bikin artikel sedikit Dagel tapi agak serius juga. Kebanyakan orang pemburu itu suka akan memburu rusa, burung dan lain sebagainya, tapi beda sama saya yang sangat suka dengan berburu babi hutan, apa lagi tempat berburu yang saya datangi ini belum pernah saya datangi sebelumnya. jenis hama hewan yang satu ini mempunyai ciri-ciri hidung pesek, bentuk mirip tikus dan punya taring yg panjang melengkung ke arah atas berbentuk seperti sabit/arit dan sangat kuat berfungsi untuk menggali, merobohkan pohon dan sebagai ciri kejantananya… Naahh apa lagi namanya kalau bukan Babi Hutan, Celeng, Bedul dll.

Cara Berburu Dengan Mudah Dan Sederhana

Hewan yang satu ini mempunyai makanan favoritnya lho yaitu berupa cacing tanah, Ulet tanah dan Belatung. Dan untuk sejenis umbi-umbian, Jagung dan Kacang atau biji-bijian. semua itu hanyalah sebagai makanan tambahan untuk mengganjal perut yg berfungsi juga untuk mengasah membersihkan gigi dan taringnya. Karena jenis binatang yang Babi Hutan makan rata-rata hidup di dalam tanah dan biasa berkembang biak di bawah tanaman tersebut jadi untuk mendapatkan makanan itu haruslah menggali tanah. Jadi Babi Hutan atau celeng ini merupakan jenis hewan hama perusak dan sangat mengganggu perkebunan para petani.

Berikut Cara Berburu Babi Hutan yg Paling Mudah dan Sederhana

  1. Survey lokasi perburuan: Di usahakan datang di pagi hari untuk melihat lokasi berburu yg tepat.
  2. Mencari Jejak: Bisa tempat babi hutan bolak balik cari makan atau jejak tapak kaki lewat, Tempat bekas Mencari Makan (galian tanah,tempat berkubang atau pun tempat mereka bermain).
  3. Membuat Ranggon: Ranggon adalah tempat yg di buat di atas pohon dengan ketinggian 3-6m berfungsi untuk menyanggong atau menunggu Buruan datang.
  4. Menyiapkan Umpan: Disamping makanan kesukaanya juga bisa si tambah dengan buah yg berbau tajam seperti Nangka/Pisang.
  5. Menyiapkan Senapan Angin atau Di anjurkan untuk menggunakan senapan api bagi yg sudah punya ijin.
  6. Tidak di anjurkan memakai minyak wangi atau parfum dan juga cream oles untuk obat nyamuk atau yg lainya yg mengandung zat Kimia,karena semua itu bisa tercium oleh babi hutan atau celeng.
  7. Setelah semua sudah siap usahakan berangkat ke lokasi Ranggon Di atas jam 15:30 karena waktu babi muncul di perkirakan sekitar jam2 setelah perkebunan kosong di tinggal yg punya (petani) sampai hampir subuh.
  8. Siapkan Mental karena waktu berburu malam sebaiknya jika tidak berani sendiri harus ada salah satu teman yg mendampingi.
  9. Tembak di Tempat yg Vital: Kepala bagian depan atas,Telinga, di sela antara mata dan telinga dan di bagian jantung yg letaknya di belakang kaki depan.
  10. Selamat Mencoba

Adapun cara lain yang perlu anda lakukan saat berburu Babi hutan. Berikut Cara-cara Berburu Babi Hutan:

  1. Menggunakan jerat atau pethat

Pada zaman dulu itu orang-orang di pulau jawa kalau menangkap babi hutan dengan menggunakan sebuah jebakan atau jerat berupa tali tampar yang diikat ke sebuah batang bambu yang dipotong dan disandarkan di pohon besar yang disebut pethat.

Jebakan diletakkan di jalan setapak yang di dekat sumber air yang biasa dilewati babi hutan yang hendak minum air pada malam hari. Ketika babi hutan lewat dan kakinya menyengggol tali tampar, maka batang bambu akan mencuat ke atas sehingga kaki babi hutan terangkat ke atas bersama tali tampar. Cara Berburu Dengan Mudah Dan Sederhana

Keesokan harinya si pemburu akan meninjau jebakannya dan menangkap babi hutan untuk dibawa pulang. Namun terkadang hewan lain yang tertangkap, yaitu rusa atau kijang yang sedang sial.

  1. Menggunakan anjing pemburu

Orang-orang zaman dulu hingga kini juga menggunakan puluhan anjing untuk berburu babi hutan. Puluhan anjing dikerahkan untuk mengendus jejak babi hutan, dan setelah ketemu maka babi hutan akan dikejar dan dikeroyok oleh puluhan anjing-anjing yang buas dan terlatih.

Sementara si pemburu biasanya lebih dari satu orang, mereka membawa peluit dan tombak serta parang atau senapan rakitan. Jika peluit ditiup atau si pemburu berteriak, maka anjing-anjing pemburu tersebut akan terus mengejar babi hutan kemanapun ia lari. Setelah babi hutan tergigit dan dikeroyok anjing maka para pemburu akan menombaknya atau menangkapnya hidup-hidup. Cara Berburu Dengan Mudah Dan Sederhana

Namun jika suara peluit atau suara si pemburu sudah tidak terdengar maka anjing-anjing tersebut akan kembali menemui majikannya di belakang. Dan jika si pemburu kembali berteriak atau meniup peluit maka anjing-anjing tersebut akan kembali mengejar babi hutan.

  1. Menggunakan jaring kawat bronjong

Ini biasanya dilakukan oleh pemburu modern, menggunakan jaring kawat bronjong sepanjang berpuluh-puluh meter dan dilingkarkan di semak belukar atau rerimbunan yang diduga ada sarang babi hutan di dalamnya. Kemudian mereka melepaskan sejumlah anjing pemburu di dalam lingkaran area jaring untuk mengusir babi hutan agar keluar dari sarang.

Setelah keluar dari sarang maka babi hutan akan lari keluar dari semak belukar dan akhirnya menabrak jaring kawat bronjong yang telah dipasang di sekeliling semak belukar tersebut. Biasanya puluhan babi hutan yang tinggal di rerimbunan semak belukar atau alang-alang tersebut akan tertangkap semuanya dalam keadaan hidup.

  1. Menggunakan senapan

Orang-orang modern saat ini banyak yang menggunakan senapan berburu untuk menembak hama babi hutan. Mereka biasanya mengendarai mobil off road pada malam hari dengan membawa lampu blor atau sejenis lampu senter berukuran besar menggunakan batere accu, kemudian mengelilingi padang rumput atau kawasan yang banyak babi hutan nya.

Jika mereka melihat sekumpulan babi hutan sedang melintas atau mencari makan, maka Dorr ! Senapan ditangannya akan menyalak dan mengeluarkan timah panas yang menerjang tubuh babi hutan. Binatang hasil buruan biasanya dinaikkan ke atas mobil lalu dibawa pulang pada saat perburuan telah selesai atau menjelang pagi hari.

Namun ada juga pemburu yang hanya diam di atas pohon besar untuk menunggui babi hutan yang melintas di bawahnya. Perburuan babi hutan dengan memanjat pohon besar ini biasanya terjadi di hutan-hutan di pulau jawa dimana hutan-hutan di jawa selalu ditumbuhi pohon-pohon yang besar dan rapat sehingga mobil tidak bisa bergerak menyusuri hutan. Kendaraan mereka biasanya dititipkan di perkampungan warga terdekat. Cara Berburu Dengan Mudah Dan Sederhana

Mungkin Cuma itu saja yang bisa saya tuliskan karena disini saya hanya ingin sedikit berbagi pengalaman saya dalam berburu babi hutan yg mudah dan sederhana, Karena banyaknya rekan-rekan yg lebih Senior dan berpengalaman jd misalkan masih kurang yakin dengan cara tersebut di atas bisa teman-teman tanyakan lagi ke Senior yg lain sebagai bahan Rekomendasi ataupun Referensi. Untuk cara di atas saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi jadi untuk hasilnya kembali ke rejeki atau formasi masing-masing atau keberuntunganlah yg menjadi faktor utama juga. Cukup itu aja ya yang bisa saya tuliskan dan sampai ketemu lagi di artikel erikutnya, Semoga Bermanfaat dan Terimakasih. Cara Berburu Dengan Mudah Dan Sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Copyright © 2019 Delta3