Jenis – Jenis Senapan Angin

Jenis – Jenis Senapan Angin

Dalam olah raga tembak, kepemilikan senapan adalah hal penting. Senapan yang biasa digunakan adalah senapan angin. Biasanya, senapan jenis ini adalah senapan yang paling sering digunakan oleh orang yang memiliki hobi menembak dan juga pemburu hewan. Seiring dengan perkembangan senapan angin, semakin banyak pula jenis – jenis senapan angin dengan berbagai kegunaan dan spesifikasinya.

Di Indonesia sendiri, jenis senapan angin juga turut berkembang. Bahkan saat ini, senapan angin buatan lokal juga tidak kalah kualitasnya dengan senapan angin impor. Berikut ini adalah beberapa jenis senapan angin yang perlu Anda tahu:

  1. Senapan Angin Sharp

Senapan angin Sharp juga sering disebut sebagai senapan angin Uklik dan merupakan salah satu senapan angin yang cukup laris di Indonesia. Selain karena penggunaannya yang tidak terlalu dilarang, harga senapan angin Sharp juga cukup murah. Yaitu berkisar antara 150 ribu hingga 200 ribu Rupiah per unit.

Jenis – Jenis Senapan Angin

Senapan tipe ini bekerja dengan sistem pompa dimana udara dipadatkan kemudian dilepaskan untuk melempar proyektil. Ada dua tipe pelepasan angin yang terdapat pada senapan angin Sharp. Yaitu knock open valve dan dumping system.

Tipe knock open valve menggunakan pemukul atau hammer pada bagian dalamnya yang sedikit mirip dengan senjata api. Dan di bagian luarnya terdapat pelatuk yang mirip dengan pistol colt. Senapan angin Sharp yang menggunakan pelepasan angin tipe ini misalnya Benyamin Sheridan, Titan, Falcon, Kalong, dan Kuda.

Sedangkan untuk tipe dumping sistem, terdapat klep yang dapat terbuka penuh saat trigger atau pelatuk terpicu. Senapan angin tipe ini misalnya Sharp Dragon, Innova, Ace, dan Shapto. Di beberapa negara, senapan angin Sharp tipe dumping sistem ini memiliki peraturan yang sama dengan senjata api.

  1. Senapan Angin Gejluk

Senapan angin Gejluk adalah senapan angin favorit yang biasa digunakan saat melakukan perburuan. Keunggulan senapan angin Gejluk adalah kemampuannya mengeluarkan peluru dalam jumlah yang sekaligus banyak. Selain itu, senapan angin Gejluk juga memiliki tekanan angin yang tinggi.

Jenis – Jenis Senapan Angin

Biasanya, senapan angin Gejluk digunakan untuk memburu hewan berkulit tebal seperti rusa, tupai, dan lain – lain. Karena hewan seperti ini tidak dapat dibunuh hanya dengan satu kali tembakan saja. Penggunaan senapan angin Gejluk dilakukan dengan cara dipompa berkali – kali untuk kemudian bisa menembakkan beberapa peluru. Senapan angin lain biasanya hanya dapat dipompa satu kali untuk mengeluarkan satu peluru.

  1. Senapan Angin PCP

PCP sendiri merupakan singkatan dari Pre – Charged Pneumatic. Penggunaan senapan angin PCP cukup mudah. Anda tinggal memasukkan silinder bertekanan udara ke dalam senapan sebelum menggunakannya. Senapan angin PCP juga memungkinkan Anda menembak jauh dengan lebih banyak peluru. Selain itu, senapan angin PCP juga memiliki keakuratan dan konsistensi tembakan yang baik.

Jenis – Jenis Senapan Angin

Karena dianggap praktis, tidak heran banyak orang dari komunitas menembak yang menjadikan senapan angin PCP ini sebagai pilihan. Ada banyak senapan angin PCP terbaik yang bisa Anda pilih. Beberapa di antaranya adalah PCP Ghost Warrior, Marauder Wolverine, Marauder AWP, AFC Lokal, Mouser, Predator Marauder, Marauder Monolite, Fusion, Bocap FX Royale, dan masih banyak lagi.

 

Nah, itulah tadi 3 jenis senapan angin yang umum digunakan pegiat hobi menembak dan juga pemburu di Indonesia. Meskipun kepemilikan senapan angin diizinkan secara hukum, namun selalu perhatikan keamanan saat menembak. Karena jika disalah gunakan atau tidak digunakan dengan semestinya, senapan angin juga memiliki kekuatan yang cukup untuk membunuh manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Copyright © 2019 Delta3