Pengertian Teleskop Khususnya Untuk Senapan Angin

Pengertian Teleskop Khususnya Untuk Senapan Angin

Pengertian Teleskop Khususnya Untuk Senapan Angin

Teleskop senapan angin sering juga disebut sebagai riflescope, atau teropong bagi orang awam. Penggunaan teleskop ini adalah untuk memperjelas penglihatan dan meningkatkan akurasi tembakan ketika membidik target atau buruan. Meskipun memiliki fungsi umum yang sama, ada beragam tipe teleskop yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Pengertian Teleskop Khususnya Untuk Senapan Angin

Pengertian Teleskop Khususnya Untuk Senapan Angin

Nah, agar lebih mudah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memilih teleskop sesuai dengan kebutuhan Anda. Pengertian Teleskop Khususnya Untuk Senapan Angin

  1. Perhatikan jenis senapan angin

Memilih teleskop untuk senapan angin yang Anda miliki tidak bisa asal – asalan. Jika pemilihannya tepat, maka teleskop Anda juga akan lebih awet dan tahan lama. Sebagai gambaran, untuk senapan angin yang menggunakan sistem pegas atau per dengan recoil besar, Anda akan membutuhkan teleskop yang kuat dan kokoh yang memang didesain untuk digunakan pada senapan angin sistem pegas. Salah satunya adalah Hammer 3-9 x 40 AO Magnum Spring Air Gun Scope.

Pengertian Teleskop Khususnya Untuk Senapan Angin

Sedangkan jika senapan angin yang Anda miliki adalah tipe senapan uklik atau PCP yang memiliki recoil kecil, Anda bisa memilih teleskop dengan fokus kualitas di akurasi atau hal pendukung lainnya.

  1. Perhatikan Bagian Reticle (Crosshair)

Jika  Anda membeli teleskop dan melihat ke dalamnya, Anda akan menemukan tanda + di bagian dalam teleskop. Tanda ini disebut sebagai reticle atau crosshair. Ada banyak tipe reticle yang bisa Anda pilih. Pada umumnya, bagian tengah reticle menjadi tanda target.

Pada awalnya, bagian reticle ini dibuat dengan menggunakan kawat super tipis dan diletakkan di dalam scope. Akan tetapi, saat ini jenis reticle menjadi semakin berkembang. Seperti reticle mil dot, rangefinder, swarovski’s DS, springfield, premier, dan lain – lain.

Pengertian Teleskop Khususnya Untuk Senapan Angin

Penggunaan reticle juga dipengaruhi oleh jarak sasaran. Untuk sasaran yang berada dalam jarak dekat yaitu sekitar 10 – 20 meter, Anda bisa memilih reticle circle dot, leupold dot, target dot atau crosshair. Reticle tipe tersebut cenderung simple dan tidak membutuhkan perhitungan. Pengertian Teleskop Khususnya Untuk Senapan Angin

Sedangkan untuk target dalam jarak yang cukup jauh, akan lebih pas jika Anda menggunakan reticle mil – dot, rangefinder, varmint hunter, dan lain – lain. Reticle tipe tersebut umum digunakan oleh sniper profesional bahkan dapat digunakan pada saat perang. Karena digunakan untuk jarak jauh, Anda harus memperkirakan tingkat elevasi atau efek gravitasi, faktor angin, dan faktor – faktor lainnya agar tembakan Anda tetap mengenai sasaran dengan akurat.

  1. Pertimbangkan Zoom Yang Digunakan

Sebuah teleskop senapan angin memang digunakan untuk membidik sasaran tembak dengan lebih presisi. Karena itu, faktor zoom menjadi salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan saat memilih teleskop. Untuk menentukan zoom yang Anda butuhkan, Anda harus mengetahui dulu berapa jarak tembak yang Anda inginkan. Apakah medium range, short range, atau long range. Jarak tembak ini sangat berpengaruh dalam menentukan zoom yang Anda perlukan.

Jika Anda ingin melakukan penembakan dalam jarak dekat sekitar 10 – 25 meter, Anda bisa menggunakan teleskop yang memiliki fixed zoom 3 x 32 atau 4 x 32. Untuk mengincar target dalam medium range sekitar 25 – 35 meter, Anda bisa menggunakan teleskop non – fixed zoom 3-9 x 42 atau 4-10 x 42. Angka 4-10 ini menunjukkan pembesaran zoom yang bisa diubah antara 4 kali hingga 10 kali dengan cara memutar ring magnifikasi. Sedangkan untuk menembak target dalam long range sekitar 35 – 120 meter, Anda bisa menggunakan teleskop 6-20 x 42, 8-20 x 42, hingga teleskop 20-60 x 42. Pengertian Teleskop Khususnya Untuk Senapan Angin

Perlu diingat bahwa semakin besar pembesaran atau zoom pada teleskop, maka akan semakin kecil area yang terlihat. Dan semakin sulit pula untuk mendapatkan bidikan yang akurat. Karena itu, jika Anda menggunakan teleskop dengan zoom yang tinggi, sebaiknya Anda menembak dengan menggunakan tumpuan atau bipod sehingga senapan akan lebih stabil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Copyright © 2019 Delta3